Home Beranda PENGABDIAN DAN BHAKTI SUKARELAWAN (KSR-TSR) PMI KOTA TANGERANG SELATAN UNTUK MASYARAKAT

PENGABDIAN DAN BHAKTI SUKARELAWAN (KSR-TSR) PMI KOTA TANGERANG SELATAN UNTUK MASYARAKAT

255
0
SHARE

Sukarelawan PMI Tangerang Selatan, yang tergabung dalam wadah Korps Suka Rela (KSR) dan Tenaga Suka Rela (TSR), bekerjasama dengan Bank Sampah Melati Bersih mengadakan kegiatan pelatihan pertolongan pertama untuk skala rumah tangga kepada Komunitas Bank Sampah Melati Bersih dan warga masyarakat lainnya di wilayah Kota Tangerang Selatan dalam program “Pengabdian dan Bhakti Sukarelawan (KSR-TSR) PMI Kota Tangerang Selatan untuk Kelompok Masyarakat.”

Kegiatan yang diselenggarakan PMI Kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat agar mampu bertindak memberikan pertolongan pertama pada saat mengahadapi kejadian kecelakaan minimal di lingkungan keluarganya.

Dalam kegiatan tersebut, Sukarelawan PMI Kota Tangerang Selatan memberikan pelatihan secara bertahap sebanyak 6 kali pertemuan. Adapun materi yang diberikan adalah pertolongan pertama, praktek mengendalikan luka perdarahan dan luka bakar, menagani patah tulang dan terkilir, serta memberikan tindakan awal bila ada anggota keluarga yang mengalami gangguan pernafasan atau pingsan.

“Alhamdulillah, sejak awal bulan Pebruari 2014 sampai dengan bulan April 2014, pelatihan pertolongan pertama sudah dilaksanakan dan sedang berjalan di tiga tempat yaitu di Perumahan Amarapura, Kademangan, Setu; Perumahan Griya Pipit VI, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren; dan di Perumahan Reni Jaya Pamulang Barat, Pamulang. Kegiatan ini akan terus berlanjut dengan target minimal 10 kelompok masyarakat sampai akhir tahun 2014 ini.” ujar Rizka Dwipa Anggana selaku sekretaris PMI Kota Tangerang Selatan.

Warga masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. “Kami tidak membatasi jumlah minimal peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan, 10 sampai 15 orang pun kita akan latih” ujar Fendra Kusnuryadi selaku wakil sekretaris PMI Tangsel. Namun untuk batas maksimal peserta kita membatasi sejumlah 40 orang untuk satu kali pertemuan agar tujuan pelatihan tercapai. “yang penting peserta mau mengikuti dengan sungguh-sungguh sebanyak 6 kali pertemuan dan mandiri dalam menyelenggarakan pelatihannya seperti menyediakan alat-alat yang diperlukan secara swadaya serta menyediakan makan minum bagi sukarelawan tentunya” ungkap Fendra Kusnuryadi.

Cicin selaku komandan KSR PMI Kota Tangerang Selatan, yang juga menjadi salah satu penyaji materi,  berharap materi yang telah diberikan oleh para sukarelawan PMI dapat bermanfaat “Kami selaku Sukarelawan PMI selalu siap untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat”.

Tanggapan positif pun berdatangan dari para peserta, seperti yang diungkapkan oleh Ibu Fatma – perwakilan dari kelompok peserta Perumahan Amarapura yang juga menjabat sebagai Ketua Bank Sampah Melati Bersih Amarapura – “ Ini sangat penting kita pelajari, ada saja kejadian seperti anak terjatuh ketika bermain bersama teman-temannya dan sekarang kita tahu ketika ada kejadian, apa yang harus kita lakukan”. Sementara itu, Ibu Tami – perwakilan peserta di Perumahan Griya Pipit VI yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Bank Sampah Melati Bersih Griya Pipit VI, berpendapat “Kegiatan ini sangat bagus buat kami, adik-adik PMI memberikan materinya dengan sangat jelas dan mudah kami mengerti”.

Dalam program Bhakti dan Pengabdian Sukarelawan PMI Kota Tangerang Selatan untuk Masyarakat ini, kelompok masyarakat tidak hanya akan menerima materi pertolongan pertama namun kedepannya juga akan berlatih materi perawatan kedaruratan untuk keluarga serta kesiapsiagaan bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here