Home Pelayanan Kesehatan & Ambulans PMI Kota Tangsel Ikut Andil dalam OPS Ketupat Jaya 2013

PMI Kota Tangsel Ikut Andil dalam OPS Ketupat Jaya 2013

301
0
SHARE
petugas posko lebaran pmi sedang menolong korban kecelakaan di bawah fly over ciputat, (14/08/13 doc. PMI)

PMI Kota Tangsel tak hentinya memberikan pelayanan terhadap masyarakat di bulan Ramadhan 2013.  Bersama instansi kepolisian,dinas kesehatan, dan dinas perhubungan, PMI sebagai mitra pemerintah ikut andil dalam kegiatan Operasi Ketupat Jaya. Sebanyak 55 relawan dikerahkan baik tenaga sukarelawan (TSR) maupun anggota Palang Merah Remaja (PMR) di delapan titik Pos Pertolongan Pertama dan Ambulans.Kedelapan titik posko lebaran tersebut antara lain Posko Muncul, Posko Alam Sutera, Posko German Center, Posko Pamulang Square, Posko Ciputat,Posko Bintaro Plaza, Posko BTC Bintaro, dan Posko Sudimara.

Dalam kegiatan Operasi Ketupat Jaya relawan PMI Kota Tangsel bertugas memberikan tindakan pertolongan pertama terhadap kejadian kecelakaan baik di jalan raya maupun di tempat-tempat umum yang rawan terjadi. Selain itu, PMI Kota Tangsel juga menyediakan fasilitas ambulan bagi korban kecelakaan dan merujuknya ke rumah sakit terdekat. Koordinasi dengan pihak dinas kesehatan juga selalu dilakukan dalam kegiatan yang dimulai dari tanggal 3-14 Agustus lalu.

Setiap tahunnya PMI Kota Tangsel selalu mendedikasikan diri dalam melayani masyarakat terutama saat sebelum perayaan hari lebaran dan juga setelah hari lebaran. Hal ini bertujuan membantu instansi-instansi terkait dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Pada saat lebaran baik H-7 maupun H+7, banyak aktifitas masyarakat yang dilakukan di luar rumah, seperti berkunjung ke pusat perbelanjaan, mudik, dan juga berwisata. Ramainya keadaan di tempat-tempat umum tersebut dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Markas PMI Kota Tangerang Selatan sebelumnya telah melakukan pelatihan Pertolongan Pertama bagi relawan selama satu bulan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penangan pada korban kecelakaan saat di lapangan. (MRN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here